Rabu, 10 Januari 2018

Hijrah


Berikut 5 tips Hijrah bagi Muslimah

  1. Niat dan hati yang ikhlas.
“Innama a’malu binniyyah” bahwa segala perkara ini tergantung dengan niat. Dan pastikan Niat kita berhijrah adalah karenaNya, Karena Allah SWT. TMungkin ketika nanti kita memuolai berhijrah aka nada cemoohan, ledekkan, atau bullying terhadap kita. Tapi, terkadang untuk sesuatu hal yang baik kita perlu untuk menjadi si tuli yang baik.

  2. Bersihkan hati, jiwa dan raga

Terkadang hati kita susah tersentuh oleh hidayah Allah, susah tersentuh oleh nilai – nilai kebenaran adalah karna jiwa dan hati kita masih kotor.Kita selalu mencari pembenaran terhadap apa-apa yang menurut kita benar tapi dalam pandangan islam adalah salah. Contoh yang simple adalah ketika kita enggan menggunakan kerudung dengan alasan “ah nanti susah cari kerja, nanti gimana mau makan nya?” atau “Lebih baik mana pake krudung tapi kelakuan buruk, atau ga pake tapi baik?”. Padahal antara lapangan pekerjaan dan menggunakan krudung tidak ada hubungannya sama sekali. Jika binatang yang melata saja rezeki nya di jamin oleh Allah SWT, lalu bagaimana bisa manusia yang diberkahi akal untuk berfikir takut kehilangan rezeki?
  3. Jangan menunda untuk hijrah
Kebanyakan wanita yang gagal hijrah adalah mereka yang suka menunda. “Ah nanti aja deh”. Kebiasaan kita adalah demikian karena rasa malas, perlu diketahui bahwa perkataan “sawfa.. sawfaa..”,”nanti aja deh… nanti aja” adalah bagian dari tentara – tentara iblis. Ingatlah nasehat Imam syafi’I “Aku pernah bersama orang – orang sufi. Aku tidaklah mendapat pelajaran darinya dari dua hal, dia mengatakan bahwa waktu bagaikan pedang. Jika kamu tidak memotong nya, maka ia yang akan memotongmu”
  4. Berkumpul dengan orang Saleh
Rasulullah bersabda “Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka, hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa temannya”(HR.Ahmad dan Tirmidzi) Jika kita memiliki sahabat – sahabat yang selalu membantu kita dalam ketaatan kepada Allah, pegang erat – erat dia, jangan pernah kau lepaskan. Karena, mencari sahabat yang baik itu susah, tetapi melepaskannya itu sangat mudah. Dimana kita bisa mencari sahabat yang baik ? Jangan cari mereka di keramaian tempat – tempat yang menyanyi jingkrak-jingkrak tanpa memerhatikan busana nya yang minim itu. Mereka bisa di cari di tempat – tempat yang Allah selalu memberikan berkah seperti Masjid, Halaqoh, Bilik – bilik rumah tempat mereka bersujud. Memilih teman yang baik selagi muda adalah jalan menuju surga.
  5. Sabar dan nikmati proses
Kesabaran adalah sahabat terbaik baggi penuntut ilmu. Sebab, ilmu, takkan didapatkan tanpa kesabaran melalui proses yang panjang. Begitu juga dalam proses berhijrah, menikmati proses merupakan salah satu kunci untuk istiqomahkan hijrahmu.
Ditulis oleh Halimah Assa’diyyah, Mahasiswi STEI SEBI Depok

0 komentar:

Posting Komentar

 

Welcome To My Blog Template by Ipietoon Cute Blog Design